Persaingan ketat memang telah berlangsung di kelas Small Hatchback. Terlebih beberapa pabrikan mulai meluncurkan senjata baru yang memiliki teknologi dan juga fitur yang menjanjikan. Sebut saja Proton Iriz yang hadir dengan fitur lengkap. Begitu juga dengan Chevrolet Spark terbaru yang pada saat ini lebih perkasa dengan mesin lebih besar.

PT Nissan Motor Indonesia rupanya tidak mau berdiam diri. Sejak dihadirkan pertama kali pada tahun 2010 yang lalu, Nissan March sebenarnya pernah mengalami facelift yang layak signifikan pada 2014 silam. Dan awal tahun ini, March kembali mengalami perubahan yang sangat minor.

Bisa dibilang cukup minor karena perubahannya cuma pada 2 sektor saja. Pada bagian eksterior, Nissan memakai DRL yang justru menghilangkan fungsi dari lampu kabut.

Sementara pada bagian kabin, mobil yang identik dengan kaum perempuan ini diberi head unit buatan Kenwood yang lebih advance mengikuti model penggunanya yang melihat teknologi.

Perangkat audio yang mempunyai ukuran layar sentuh 6,95 inci ini mempunyai beragam fitur andalan. Sebut saja fungsi MirrorLink yang dapat terkoneksi dengan perangkat smartphone yang berbasis Android dan juga iOS tanpa konektivitas kabel.

Head unit berkode DDX175WBT juga mempunyai fitur istimewa yang menjadi peralatan standar. Misalnya saja fungsi time alignment yang membuat datangnya suara ke telinga pendengar dapat disesuaikan kebutuhan. Head unit ini juga mempunyai 7 pilihan equalizer yang dapat disesuaikan dengan perputaran lagu yang sedang diputar.

Selain itu, karena adanya layar monitor, Nissan March juga sekalian ditambah kamera yang memudahkan pada saat pengemudi melakukan parkir mundur. Head unit yang berukuran double DIN ini sebenarnya bisa juga didapat dengan mudah di toko audio. Harganya berkisar antara Rp 4,5-5 juta belum termasuk cover head unit dan juga pemasangan.

Fokus pada bagian kosmetik, Nissan pun tidak melakukan perubahan apapun dari wilayah sumber penggerak. Mesin berkode HR15DE 4 silinder yang kapasitas 1.498 cc ini dapat menghasilkan tenaga 102 dk dan juga torsi diangka 104 Nm. Begitu pun dengan transmisi otomatis 4 percepatan sebagai penyuplai tenaga mesin ke roda depan tetap dipertahankan. hingga tak ada yang berbeda sama sekali dari sisi impresi berkendara.

Semoga saja strategi yang dilakukan Nissan Indonesia bisa mendongkrak penjualan atau setidaknya mempertahankan eksistensi March di kelas Small Hatchback.

Iklan